PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV C MI NURUL ISLAM SEKARBELA MATARAM TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Oji, sahwono (2021) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV C MI NURUL ISLAM SEKARBELA MATARAM TAHUN AKADEMIK 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover-Bab III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V-Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Check)
49% PENERAPAN_PENDIDIKAN_KARAKTER_DALAM_PENINGKATAN_PR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan sebagaimana termasuk dalam Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yakni: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, 2 akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Dari pengertian pendidikan tersebut, dapat dikatakan bahwa pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk mencapai keberhasilan dalam tiga aspek utama, yakni peningkatan kemampuan siswa pada aspek kognitif, perubahan pada aspek afektif, serta penerapan dari proses pendidikan yang berlangsung pada aspek psikomotoriknya.Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif deskriptif eksploratif dengan model survey yang mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Dengan kata lain, (penelitian deskriptif mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah‐masalah actual sebagaimana adanya pada saat penelitian dilaksanakan). Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif eksploratif adalah penelitian dengan model survey yang mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Dengan kata lain, penelitian deskriptif mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah‐masalah actual sebagaimana adanya pada saat penelitian dilaksanakan. Permasalahan yang sering terjadi disaat proses pembelajaran pendidikan karakter di kelas IV MI Nurul Islam Sekarbela Mataram yakni terkadang siswa sangat sulit untuk memahami apa yang telah kita berikan disaat pembelajaran. Hal ini disebabkan karena minimnya pendidikan karakter dari luar sehingga kebiasaan tersebut itulah yang siswa bawa kesekolah dan menyebabkan tingkat pemahaman yang sangat rendah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMardiyah, Hayatinidn0802096701
Thesis advisorAqodiah, Aqodiahnidn081502401
Uncontrolled Keywords: Motivasi Mahasiswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: MUHAMMAD RIZQAN RADITIA
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:15
Last Modified: 12 Nov 2021 02:16
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4029

Actions (login required)

View Item View Item