ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2015, 2016, dan 2017 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram)

SALMAH, SALMAH (2021) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2015, 2016, dan 2017 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Similarity Check)
42% ANALISIS_FAKTOR_YANG_MEMPENGARUHI_MINAT_BERWIRAUSA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor internal, eksternal dan emosional berpengaruh terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa dan untuk mengetahui di antara faktor internal, eksternal dan emosional manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2015, 2016 dan 2017. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif, dengan jumlah sampel 100 mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2015, 2016 dan 2017. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian yaitu uji validitas dan reabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, sedangkan uji hipotesa yaitu Uji parsial (Uji t), uji secara serentak, (Uji F) dan koefisien determinasi berganda (R2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada pengaruh secara persial pada variabel faktor internal, faktor eksternal, dan faktor emosional berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat wirausahaan pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2015, 2016, dan 2017. Berdasarkan hasil pengujian parsial (t) bahwa variabel faktor internal, faktor eksternal, dan faktor emosional memiliki nilai thitung lebih besar dari ttabel. (2) hasil penelitian ini menunjukkan variabel faktor internal, faktor eksternal, dan faktor emosional berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat wirausahaan pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2015, 2016, dan 2017. Hal ini diperoleh dari perhitungan program SPSS, bahwa F hitung memiliki nilai lebih besar dari F tabel yaitu 37.815> 2,70. (3) variabel faktor emosional memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap terhadap minat wirausahaan pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2015, 2016, dan 2017. Variabel faktor emosional memiliki nilai thitung lebih besar dibandingkan variable faktor internal, dan faktor eksternal yaitu 4,002.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIBRAHIM, ABDULLAHnidn0830125501
Thesis advisorMUHAMMAD, YUSRILnidn0824028801
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal, Eksternal, dan Emosional, Minat Wirausahaan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: SALMAH SALMAH
Date Deposited: 04 Oct 2021 02:54
Last Modified: 04 Oct 2021 02:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3721

Actions (login required)

View Item View Item