PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

LUSI MEDIA, LESMANA (2021) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Similarity Check (Hasil Cek Plagiasi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk modul pembelajaran materi bangun datar yang valid, praktis dan efektif dengan menggunakan pendekatan yang berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN 20 Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan (R&D) dengan model 4-D, yaitu (1) Tahap Pendefisian (Define), (2) Tahap Perencanaan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development), dan (4) Penyebaran (Dessiminate) yang diadaptasi menjadi 3-D yaitu (1) Tahap Pendefisian (Define), (2) Tahap Perencanaan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development) . Berdasarkan hasil validasi dari 3 validator ahli 3 validator praktisi, maka diperoleh hasil persentase rata-rata ahli materi 91,44%, validasi media rata-rata persentase 89,61%, validasi ahli bahasa rata-rata persentase 96,25% pada kategori sangat valid. Hasil kepraktisan modul melalui angket respon siswa diperoleh hasil persantase 86,24% pada kategori sangat praktis dan kepraktisan lembar keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 96,09% pada kategori sangat baik/sangat terlaksana. Hasil keefektifan modul yang dilhat melalui angket motivasi diperoleh nilai rata-rata 83,49% dalam kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN DWI, HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Modul, Contextual Teaching Learning (CTL), Bangun Datar, Moivasi belajar
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: LUSI MEDIA LESMANA
Date Deposited: 19 Sep 2021 10:23
Last Modified: 19 Sep 2021 10:23
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3405

Actions (login required)

View Item View Item