PENGEMBANGAN ASSESSMENT KOGNITIF UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK TEKANAN ZAT SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN WORKED EXAMPLES SISWA SMP

NURY, HARDIANTI (2021) PENGEMBANGAN ASSESSMENT KOGNITIF UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK TEKANAN ZAT SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN WORKED EXAMPLES SISWA SMP. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (927kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
PENGEMBANGAN_ASSESSMENT_KOGNITIF_UNTUK_MENGUKUR_KE (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan assessment kognitif untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik SMP pada materi pokok tekanan zat, (2) menguji kelayakan assessment kognitif untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik SMP pada materi pokok tekanan zat, (3) mendeskripsikan besar peningkatan kemampuan problem solving peserta didik SMP setelah menggunakan worked examples pada materi pokok tekanan zat. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan kombinasi model 4-D (Four-D Models). Tahap-tahap yang dilakukan meliputi define, design, develop, implementation, dan evaluation. Uji coba soal worked examples dilakukan pada 109 peserta didik. Peserta didik diambil dari kelas VIII A sebesar 55 peserta didik dan kelas VIII B sebesar 54 peserta didik di SMP N 2 SAPE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk instrumen penilaian yang dikembangkan yaitu berupa worked examples yang berisi 20 butir soal uraian, tetapi peneliti hanya menggunakan 7 butir soal uraian fisika pada materi tekanan zat dengan level kognitif CI, C2, C3, dan C4; (2) assessment dalam format worked examples layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik SMP dengan kriteria nilai validitas V Aiken yang diperoleh dalam kategori valid untuk setiap butir soal dan nilai reliabilitas yang diperoleh sebesar 0,84 sehingga masuk dalam kategori reliabel, (3) besar peningkatan kemampuan problem solving peserta didik setelah menggunakan worked examples pada materi pokok tekanan zat yaitu diperoleh dari nilai standard gain 0,33 atau kategori peningkatan kategori sedang.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherISNAINI, ISNAINInind0801048503
Thesis advisorLINDA SEKAR, UTAMInind0817088304
Uncontrolled Keywords: pengembangan, worked examples, problem solving, SMP, tekanan zat.
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: NURY HARDIANTI
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:23
Last Modified: 17 Sep 2021 01:23
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3363

Actions (login required)

View Item View Item