INOVASI PELAYANAN BADAN PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH (BAPPENDA) KEPADA MASYARAKAT SEBAGAI WAJIB PAJAK PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

SRI, NURBUNAYA (2021) INOVASI PELAYANAN BADAN PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH (BAPPENDA) KEPADA MASYARAKAT SEBAGAI WAJIB PAJAK PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB) | Request a copy

Abstract

Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Merupakan salah satu instansi pemerintah daerah pada bidang perpajakan yang memiliki tugas merancang teknis pengelolaan pendapatan daerah. Bappenda Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam melakukan inovasi pelayanan kepada masyarakat sebagai wajip pajak sudah mengeluarkan berbagai bentuk inovasi yang mempermudah masyarakat dalam pembayaran pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk inovasi pelayanan yang sudah dilakukan dan hambatan-hambatan terhadap inovasi pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan pengumpulan informan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini didapatkan hasil yang menunjukan bahwa Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) provinsi Nusa Tenggara Barat telah melakukan inovasi pelayanan kepada masyarakat sebagai wajib pajak dengan dikeluarkannya inovasi-inovasi yang dapatat mempermudah masyarakat sebagai wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak tanpa harus mengantri lagi seperti salah satunya inovasi pembayaran pajak menggunakan samsat delivery. Faktor penghambat dari inovasi pelayanan Bappenda yaitu kurangnya Sumber daya manusia (SDA), aplikasi yang sering eror serta jangkauannya yang masih kurang dan sosialisasi yang tidak optimal. Sehingga mempengaruhi penerapan atau implementasi inovasi pelayanan yang dilakukan Bappenda. Kata kunci : inovasi, Pajak, Masyarakat, Bappenda

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIBRAHIM, H. ABDULLAHnidn0830125501
Thesis advisorM. ULFATUL, AKBAR JAFARnidn08090339203
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pajak, Masyarakat, Bappenda
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 348 Undang-undang, peraturan-peraturan, perkara-perkara
300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
300 Ilmu Sosial > 323 Hak Warga Sipil & Hak Warga Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: SRI NURBUNAYA
Date Deposited: 16 Sep 2021 07:45
Last Modified: 16 Sep 2021 07:45
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3361

Actions (login required)

View Item View Item