Model Kepemimpinan Perempuan Dalam Lembaga Pendidikan Islam ( Studi Kasus Di MI Nurul Quran Pagutan ) 2018 / 2019

Arif, Hidayatullah (2019) Model Kepemimpinan Perempuan Dalam Lembaga Pendidikan Islam ( Studi Kasus Di MI Nurul Quran Pagutan ) 2018 / 2019. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
CAVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai bagaimana model kepemimpinan kepala sekolah perempuan dilembaga pendidikan islam dan menganalisis SWOT kepala madrasah perempuan di MI Nurul Quran Pagutan.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis terhadap Data yang telah diperoleh menggunakan metode deskriptif-analitik . Sumber data pada penelitian ini diantaranya adalah kepala sekolah, 11 guru dan 1 karyawan. Hasil penelitian ini adalah (1) model kepemimpinan kepala MI Nurul Quran Pagutan menggunakan model kepemimpinan kontingensi fiedler, terlihat dengan adanya hubungan baik antara pemimpin dengan anggotanya, kepercayaan diantara pemimpin dan anggotanya, kepribadian pemimpin yang baik, , rasa hormat anggotanya terhadap pemimpin dan struktur kerja yang jelas. (2) Analisis SWOT kepala MI Nurul Quran Pagutan.Kelemahan, kelemahan dalam hal sifat dan sikap peneliti hampir tidak menemukan karena dari sisi sifat kepala madrasah memiliki pribadi yang baik dan juga menjalankan tugasnya dengan sangat profesional, Kekuatan, kekuatan dalam Hal sifat dan sikap yaitu mempunyai jiwa yang tegas dalam menegakkan aturan sekolah, memiliki kepribadian yang baik, memiliki kedisiplinan yang tinggi. Sedangkan kekuatan dalam hal profesionalitas kinerjanya adalah menegakkan aturan sekolah kepada semua masyarakat sekolah termasuk dirinya, terus Melakukan pembangunan sarana sekolah. Peluang, karir kepala sekolah yang Semakin baik, semakin dipercaya oleh depag dan dinas pendidikan dengan Kemampuannya serta berkepribadiannya yang baik. Tantangan,kepala madrasah harus mampu mengembangkan potensi anak didik tanpa memberikan pengaruh negatif di lingkungan masyarakat yang masih tabuh dengan suara keras. Kata kunci : kepemimpinan, kepala sekolah perempuan, prestasi kerja

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 200 Agama > 2X4 Fiqih, Hukum Islam
200 Agama > 2X6 Sosial dan Budaya Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 06 Dec 2019 02:45
Last Modified: 06 Dec 2019 02:45
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item