IMPLEMENTASI MEDIA GAME EDUKASI "QUIZIZZ" UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS 8 SMP IT BUKIT QUR'AN NUSANTARA MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

MAGFIRAH, MAGFIRAH (2021) IMPLEMENTASI MEDIA GAME EDUKASI "QUIZIZZ" UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS 8 SMP IT BUKIT QUR'AN NUSANTARA MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER - BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 2-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB 4-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Media Game edukasi “Quizizz”. 2) Untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar bahasa Arab setelah menggunakan Game Edukasi “Quizizz” untuk siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Bukit Qur’an Nusantara Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Adapun hasil penelitian ini: 1). Kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan game edukasi Quizizz dalam meningkatkan minat dan mengevaluasi belajar siswa membuahkan hasil, dimana terlihat bahwa antusias dari siswa sangat tinggi. Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan penggunaan media game edukasi Quizizz yang banyak digunakan guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa, sehingga dapat dikatakan bahwa siswa juga merasa bosan dengan penggunaan media game edukasi Quizizz ini. 2). Dengan memodifikasi materi-materi yang disampaikan kedalam bentuk soal-soal di Quizizz dalam pemberian tugas ataupun latihan, ini dikatakan sudah dapat meningkatkan minat belajar siswa. Selain dari itu, meningkatkan motivasi siswa juga sangat penting dengan memberikan perhatian, kepercayaan diri, pujian, reward, penggunaan bahasa yang positif ketika berbicara dengan siswa dan do’a guru.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Thesis advisorNURJANNAH, NURJANNAHnidn0803128502
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi Quizizz, Pembelajaran Bahasa Arab, Minat dan Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama > 215 Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: MAGFIRAH MAGFIRAH
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:08
Last Modified: 14 Sep 2021 03:08
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3005

Actions (login required)

View Item View Item