PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KERTAS LIPAT PADA MATERI PECAHAN BIASA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 02 KURANJI

LILIS, UMIYATI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KERTAS LIPAT PADA MATERI PECAHAN BIASA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 02 KURANJI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Similarity Check (hasil cek plagiasi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Alat peraga kertas lipat adalah alat peraga pembelajaran matematika yang digunakan untuk menjelaskan konsep pecahan biasa. Keunggulan dengan menggunakan alat peraga kertas lipat adalah siswa akan tertanam konsep yang konkret dalam memahami konsep pecahan biasa dan dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam belajar, sekaligus dapat meningkatkan pemahamn siswa terhadap materi matematika di SDN 02 kuranji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga kertas lipat pada materi pecahan biasa terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SDN 02 kuranji. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Tipe Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan terhadap dua kelas yakni kelas ekperimen dan kelas control dan sampel penelitian adalah siswa kelas IV-A 20 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV-B 20 orang sebagai kelas control. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji instrument yaitu validitas, reabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan alat peraga kertas lipat pada materi pecahan biasa terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SDN 02 kuranji tahun ajaran 2020/2021 dengan dapat dilihat dari rata-rata nilai rata-rata kelas eksperimen IV A yaitu 92,30, pada kelas control IV B dengan rata-ratanya 80.88. jadi perbandingannya nilai rata-rata kelas eksperimen IV A dengan kelas Kontrol IV B perbandingannya adalah 11,42 dan juga dari uji independent sample t-test pada tarif signifikansi 5 % diperoleh nilai thitung ttabel (2,902 2,101), maka hipotesis Ho di tolak sehingga mengakibatkan Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulakan terdapat pengaruh penggunaan alat peraga kertas lipat pada materi pecahan biasa terhadap pemahaman konsep matematika siswa kels IV SDN 02 kuranji.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: lat peraga kertas lipat, pemahaman konsep, pecahan biasa
Subjects: 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: LILIS UMIYATI
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:19
Last Modified: 08 Sep 2021 02:19
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2960

Actions (login required)

View Item View Item