PENGEMBANGAN MEDIA PAPEGA (PAPAN PETAK BERGAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 KELAS IV SEKOLAH DASAR

RITA, SAHARA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PAPEGA (PAPAN PETAK BERGAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Similarity Check (Hasil Cek Plagiasi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyak guru yang membutuhkan alat peraga yang menarik sebagai perantara untuk menyampaikan materi kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan suatu produk berupa media Papega (Papan Petak Bergambar) untuk kelas IV Sekolah Dasar dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Papega (Papan Petak Bergambar) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Model pengembangan dalam penelitian ini Borg and Gall yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan Data (research and information colletion), (2) Perencanaan (planning ), (3) Pengembangan Draft Produk Awal (develop preliminary form of product ), (4) Uji Coba Lapangan Awal(preliminary field testing ), (5) Merevisi Hasil Uji Coba (main product revision ), (6) Uji Lapangan Utama(main field testing ), (7) Penyempurnaan Produk Hasil Uji Lapangan (operational product revision ), (8) Uji Coba Lapangan Operasional/Empiris (operational field testing ), (9) Penyempurnaan Produk (final product revision). Berdasarkan data hasil validasi ahli materi dan nilai rata-rata 91% (sangat valid), dari ahli media dan nilai rata-rata 90% (sangat valid), sedangkan angket respon siswa untuk uji terbatas dilakukan di kelas V SDN Nanga Na’e memperoleh nilai rata-rata 86% (sangat praktis), hasil kepraktisan uji lapangan pada kelas IV memperoleh nilai rata-rata 86% (sangat praktis), serta kefektifan uji lapangan dilihat dari hasil rata-rata pretest 46 %, postest 88,35% yang menunjukkan hasil belajar meningkat setelah menggunakan media Papega (Papan Petak Bergambar) pembelajaran, kemudian untuk N-Gain skor memperoleh 0,778 yang termasuk dalam kategori tinggi, kemudian di kalikan 100% sehingga menghasilkan 77,8% yang di mana apabila di masukkan ke dalam data kualitatif termasuk ke dalam kriteria “efektif”.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Papega, Hasil Belajar
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: RITA SAHARA
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:42
Last Modified: 31 Aug 2021 04:42
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2743

Actions (login required)

View Item View Item