SULASTRI, SULASTRI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR TEMA 5 SUBTEMA 3 PENGALAMANKU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (COVER-BAB III) COVER-BAB III.pdf Download (9MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB IV) BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB V-LAMPIRAN) BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (SIMILARITY CHECK) PENGEMBANGAN_MEDIA_AUDIOVISUAL_BERBASIS_ANIMASI_UN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy | 
Abstract
Pengembangan media audiovisual adalah suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri dan dapat membantu siswa dalam mehamami pembelajaranya terlebih khusus pada siswa SD kelas II pada materi Tema 5 pengalamanku. Subjek uji coba pada pada penelitian ini terdiri dari dua subjek yaitu, (1) subjek uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas II B SDN 3 Batu Kumbung, (2) subjek uji coba lapangan di lakukan pada seluru siswa kelas II A yang berjumlah 20 orang di SDN 3 Batu Kumbung.penelitian ini yang bertujuan “ untuk mengembangkan media audiovisual berbasis animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar tema 5 subtema 3 pembelajaran 3 yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif”. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan (R&D) dengan model penelitian 4D adalah tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap penyebaran (Disseminate). Hasil penilaian adalah penilaian dari 2 validator ahli dan 2 validator praktisi pendidikan maka memperoleh presentasi 93,75% dikategorikan sangat valid, penilaian dari hasil angket respon siswa untuk uji coba terbatas maka memperoleh nilai 94,2% dan untuk angket respon siswa uji coba lapangan 91 % dikategirikan sangat praktis, dan penilaian hasil tes ketuntasan hasil belajar siswa maka memperoleh presentase 86% sangat efektif.
| Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
 | |||||||||
| Uncontrolled Keywords: | media audiovisual,animasi, hasil belajar | |||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
| Depositing User: | Muhammad Soadikin | |||||||||
| Date Deposited: | 25 Feb 2022 03:45 | |||||||||
| Last Modified: | 25 Feb 2022 03:45 | |||||||||
| URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2636 | 
Actions (login required)
|  | View Item |