PERAN GURU DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN DI SDN KECAMATAN MANGGELEWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

JUMRATUL, AINI (2021) PERAN GURU DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN DI SDN KECAMATAN MANGGELEWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perpustakaan sekolah membantu siswa untuk memperjelas dan memperluas pengetahuannya pada setiap pelajaran, mengembangkan minat dan budaya membaca yang menuju kebiasaan belajar mandiri, membantu siswa dalam mengembangkan bakat, minat dan kegemarannya, membiasakan siswa untuk mencari informasi di perpustakaan yang merupakan tempat untuk mendapatkan bahan rekreasi sehat melalui buku-buku bacaan yang sesuai dengan umur dan tingkat kecerdasan siswa, dan dapat memperluas kesempatan belajar bagi siswa. Rumusan dari peneitian ini adalah Bagaimanakah peran guru dalam memanfaatkan perpustakaan di SDN Kecamatan Manggelewa Tahun Pelajaran 2020/2021? dan Apa sajakah faktor penghambat yang dihadapi guru dalam memanfaatkan perpustakaan di SDN Kecamatan Manggelewa Tahun Pelajaran 2020/2021? . Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sampel digunakan adalah guru, perpustakawan dan siswa di SDN Kecamatan Manggelewa, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi. sedangkan analisis data menggunakan pengupulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) guru sangat berperan dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber untuk meningkatkan minat belajar siswa di SDN Kecamatan Manggelewa, hal ini dapat dilihat dari strategi yang diterapkan oleh guru dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber untuk meningkatkan minat belajar siswa, yaitu (a) memberikan tugas meringkas kepada siswa dan diarahkan ke perpustakaan untuk memilih salah satu buku yang akan digunakan dalam mengerjakan tugas tersebut. (b) siswa diharuskan membaca 15 menit sebelum memulai pelajaran. (c) mengarahkan siswa keperpustakaan sesuai mata pelajaran. (2) Faktor penghambat, yaitu: kurangnya minat baca yang dimiliki siswa, kondisi perpustakaan yang kurang memenuhi standar untuk kenyamanan belajar siswa, bahan pustaka perpustakaan yang sebagian kurang menarik dan masih belum sepenuhnya memenuhi semua kebutuhan informasi pemustakanya, sehingga pemustaka enggan memanfaatkan perpustakaan tersebut.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
ReviewerSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Memanfaatkan perpustakaan sekolah
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
000 Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan & Informasi
000 Karya Umum > 027 Perpustakaan, Kearsipan, Pusat Informasi untuk Disiplin Ilmu secara Umum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: JUMRATUL AINI
Date Deposited: 23 Mar 2021 03:02
Last Modified: 23 Mar 2021 03:02
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2353

Actions (login required)

View Item View Item