PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA JARING-JARING BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG DISDN PULAU RINCA

HASRIANI, HASRIANI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA JARING-JARING BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG DISDN PULAU RINCA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alat peraga juga merupakan sarana atau alat bantu yang berguna dalam proses pembelajaran, salah satu yang diterapkan yaitu alat peraga jaring-jaring pada materi bangun ruang. Rumusan dari peneitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jaring-jaringTerhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Bangun Ruang SDN Pulau Rinca. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel digunakan adalah 20 siswa terdiri dari 10 siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 10 siswa kelas V B sebagai kelas kontrol,di kelas V SDN Pulau Rinca sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, test dan dokumentasi. Uji coba instrument yang diguunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, sedangkan analisis data menggunakan uji normaitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh penggunaan alat peraga jaring-jaring bangun ruang berpengaruh pada hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V di SDN Pulau Rinca. Hal ini di peroleh dari hasil analisi hipotesis dengan bantuan program SPSS20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ t_tabel (3,607≥ 2,101), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.002 ≤ 0,05). Maka hoditolak dan ha terima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerINTAN DWI, HASTUTInidn0823078802
ReviewerYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Jaring-jaring, Hasil belajar siswa
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: HASRIANI HASRIANI
Date Deposited: 19 Mar 2021 04:54
Last Modified: 19 Mar 2021 04:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item