PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE PADA SISWA KELAS VIII MTS AL MUZADDID SANGIANG KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2020-2021

MITRAN, MITRAN (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE PADA SISWA KELAS VIII MTS AL MUZADDID SANGIANG KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2020-2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) merupakan model pembelajaran yang berusaha mengembangkan ide atau gagasan siswa tentang suatu masalah tertentu dalam pembelajaran serta merekonstruksi ide berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran Children Learning in Science sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Al Muzaddid Sangiang kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan, yakni penerapan metode model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) sebagai model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 73,42, dan ketuntasan klasikal 47,36 %, dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 55, dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,57, dengan nilai teringgi 95 dan nilai terendah 70, dengan ketuntasan klasikal 84,21 %. Dengan demikian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerROCHAYATI, NURINnidn0810107901
ReviewerARIF, ARIFnidn0814028001
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Children Learning In Science
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 607 Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam
000 Karya Umum > 080 Kumpulan Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 378 Pendidikan Tinggi, Unversitas
300 Ilmu Sosial > 379 Peraturan-peraturan Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: MITRAN MITRAN
Date Deposited: 08 Mar 2021 08:08
Last Modified: 08 Mar 2021 08:08
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item