IMPLEMENTASI METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN FIQIHKELAS III MI AL-ITTIHADUL ISLAMIYAH AMPENAN TAHUN 2019

Abdul, Khaliq (2019) IMPLEMENTASI METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN FIQIHKELAS III MI AL-ITTIHADUL ISLAMIYAH AMPENAN TAHUN 2019. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (366kB)

Abstract

Ada satu hal yang berbeda yang peneliti temui di MI Al-Ittihadul Isalmiyah Ampenan yaitu ketika guru mata pelajaran Fiqih kelas tiga menerapkan metode edutainment dalam pembelajaran Fiqih Peneliti melihat bahwa anak langsung belajar dengan semangat yang menyenangkan dan tidak merasa bosan kemudian tidak merasa jenuh. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang Implementasi Metode Edutainment Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas III MI Al-Ittihadul Islamiyah Ampenan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana implementasi metode edutainmentdalam pembelajaran fiqih kelas III MI Al-Ittihadul Islamiyah Ampenan? (2) Bagaiamana dampak implementasi perkembangan metode edutainmentdalam pembelajaran fiqih kelas III MI Al-Ittihadul Islamiyah Ampenan? (3) Bagaiamana kendaladalam implementasi metode edutainmentdalam pembelajaran Fiqih? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Tahapan penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa (1) MI Al-Ittihadul Islamiyah Ampenan sudah melaksanakan metode edutainment yang dimana guru mata pelajaran Fiqih kelas III mulai dari tahap pembuatan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kemudian kemudian lanjut melaksanakannya dengan cara 4 tahap dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan permainan, dan kegiatan penutup pada proses pembelajaran Fiqih berlangsung. Dampak dari metode edutainment ini yaitu dampak bagi guru (1) metode edutainment mempermudah guru di kelas untuk mengatasi peserta didik yang sering bermain, dan yang mengganggu teman nya. Kemudian ketika guru menerapkan metode edutainment dalam pembelajaran Fiqih anak langsung ikut bermain dan mereka gembira kompak dalam bermain dengan teman lawan mainnya. Guru juga ikut senang dan bahagia peserta didiknya merasa nyaman dalam pembelajaran Fiqih berlangsung ketika di terapkannya metode edutainment. Dampak bagi siswa (2) penerapan metode edutainment dalam pembelajaran Fiqih tentu memiliki dampak nyang positif bagi pesert didik. Salah satu contoh nya dari segi kognitif, afektif, dan psikomotirik peserta didik lebih efektif, efisien dan mudah terkontrol kemduian selain dari pada itu peserta didik juga merasa senang, nyaman, tidak merasa jenuh dan tidak merasa tertekan ketika proses pembelajaran Fiqih berlangsung. Kendala dalam melaksanakan metode edutainmentdalam pembelajaran Fiqih kelas III MIAl-Ittihadul Islamiyah Ampenan yaitu dibagi menjadi dua, internal dan eksternal. Kendala yang datang dari diri siswa (internal) yaitu: siswa kurang percaya diri, siswa mengganggu temannya, siswa banyak bermain yang sia-sia. Sedangkan kendala yang datang dari luar (ekternal) yaitu: Kurangnya dukungan dari wali murid, pengaruh lingkungan, kurangnya fasilitas pendukung. Kata Kunci: Implementasi Metode Edutainment Dalam Pembelajaran Fiqih MI Al-Ittihadul Islamiyah Ampenan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 200 Agama > 2X4 Fiqih, Hukum Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 02 Dec 2019 03:03
Last Modified: 02 Dec 2019 03:03
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item