ANALISA TINGKAT PELAYANAN SIMPANG EMPAT BERSINYAL JALAN LANGKO KOTA MATARAM

ANDI, MARJUANTO (2020) ANALISA TINGKAT PELAYANAN SIMPANG EMPAT BERSINYAL JALAN LANGKO KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover-BAB III.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (710kB)

Abstract

Sejalan dengan pesatnya perkembangan kota, sehingga tuntutan arus lalu lintas yang semakin padat, dan permintaan masyarakat terhadap kendaraan yang semakin besar memerlukan perhatian maupun penilain kerja untuk kondisi persimpangan. Dimana permasalahan transportasi seperti kemacetan, polusi udara, kecelakaan, antrian maupun tundaan biasa dijumpai dengan tingkat kuantitas yang rendah maupun besar. Sehingga penting sekali untuk mengetahui kondisi arus lalu lintas untuk mengatasi tingkat pelayanan pada persimpangan. Dalam penelitian ini lokasi yang dipilih sebagai lokasi studi yaitu pada Simpang Empat Jalan Langko Kota Mataram. Pemilihan lokasi ini dikarenakan pada jam-jam tertentu sering terjadi kepadatansehingga sangat memungkinkan untuk dilakukan penelitian. Hasil Penelitian dengan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan hasil dilapangan dapat diketahui bahwa Tingkat pelayanan Simpang Empat Jalan Langko Kota Mataram menampung arus lalu lintas, dengan nilai (DS) = 0,07 untuk jalan pendekat Utara, (DS) = 0 untuk jalan pendekat Timur, (DS) = 0,03 untuk jalan pendekat Selatan, dan (DS) = 0,14 untuk jalan pendekat barat. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan tingkat pelayanannya, untuk Jalan Udayana (Utara) dioeroleh tingkat pelayanan A yakni Kondisi arus bebas dengan kapasitas tinggi dan volume lalu lintas rendah. Pengemudi dapat memilih kecepatan yang diinginkan tanpa hambatan. Jalan Airlangga (Selatan) diperoleh tingkat pelayanan A yakni Kondisi arus bebas dengan kapasitas tinggi dan volume lalu lintas rendah. Pengemudi dapat memilih kecepatan yang diinginkan tanpa hambatan. Dan untuk Jalan Langko (Barat) tingkat pelayananya adalah A yakni Kondisi arus bebas dengan kapasitas tinggi dan volume lalu lintas rendah. Pengemudi dapat memilih kecepatan yang diinginkan tanpa hambatan. Kata Kunci : MKJI, Tingkat Pelayanan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerIsfanari, IsfanariNIDN083008670
ReviewerHARIYADI, HARIYADINIDN0027107301
Uncontrolled Keywords: MKJI, Tingkat Pelayanan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 625 Teknik Rel Kereta Api dan Jalan Raya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:57
Last Modified: 05 Oct 2020 03:57
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item