EFEKTIFITAS BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA KELAS V YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI AL-MA’RIFATUL ISLAMIYAH DASAN AGUNG MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Fadillah, Fadillah (2019) EFEKTIFITAS BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA KELAS V YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI AL-MA’RIFATUL ISLAMIYAH DASAN AGUNG MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Penelitian kualitatif pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis terhadap data yang telah diperoleh menggunakan studi kasus (case study). Sumber data pada penelitian ini diantaranya adalah guru dan siswa-siswi. Berdasarkan hasil penelitian di Kelas VMengalami Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MI Al-Ma’rifatul Islamiyah Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Menunjukkan bahwa tingkat Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MI Al-Ma’rifatul Islamiyah Dasan Agung Mataram yaitu kesulitan memahami materi pembelajaran, kesulitan mempraktekan materi pembelajaran dan konsentrasi siswa yang kurang fokus.ada dua faktor yang mempengaruhinya yaitu internal dan eksternal, yang dimana (faktor internal) yaitu siswa itu sendiri. Sedangkan untuk (Faktor eksternal) seperti: faktor orang tua, manajemen sekolah, serta lingkungan di luar sekolah, dan sebagai solusi siswa yang mengalami kesulitan belajar fiqih yaitu diperlukanya peran aktif untuk semua guru agar bisa ikut serta dalam meningkatkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih, Dengan memberikan motivasi belajar siswa, menerapkan audio visual dan media pembelajaran. Kata Kunci:Kesulitan Belajar Siswa, Pembelajaran Fiqih, Bimbingan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAbdul, WahabUNSPECIFIED
ReviewerMusfiatul, WardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 02 Dec 2019 02:21
Last Modified: 02 Dec 2019 02:21
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item