ANALISIS DAMPAK PEMEKARAN DESA TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DESA TANAH PUTIH KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA

TAKWA, TAKWA (2019) ANALISIS DAMPAK PEMEKARAN DESA TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DESA TANAH PUTIH KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemekaran Desa Tanah Putih Kecamatan Sape Kabupaten Bima terhadap pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan studi lapangan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purpoosive sampling. Adapun teknik analisis data antara lain: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian jumlah penduduk sebelum pemekaran berjumlah 981 jiwa dan jumlah penduduk sesudah pemekaran 1.465 jiwa, perubahan yang terjadi pada Desa Tanah Putih disebabkan sebelum pemekaran tahun 2002 angka kelahiran bayi laki-laki lebih banyak dari angka lahir bayi perempuan, sedangkan sesudah pemekaran disebabkan kaum perempuan memilih pergi ke luar negeri untuk menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri. Perubahan yang dilakukan melalui Visi dan Misi Desa Tanah Putih yang menjadikan pelayanan prima sebagai asas bagi seluruh aparatur pemerintah desa dan penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berjiwa mandiri, produktif, kreatif, inovatif dan berperilaku positif.Penyelengaraan pelayanan kepada masyarakat Desa Tanah Putih salah satunya pada pelayanan publik yang diberikan apartur desa. Aparatur desa harus mempunyai keterampilan dasar yakni mampu melayani seluruh masyarakat dengan bidang masing-masing, seperti melayani masyarakat dalam memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan kebutuhan masyarakat di desa, seperti pada pelayanan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) bagi masyarakat dalam hal pinjam meminjam serta memberikan batuan kepada masyarakat kurang mampu dalam bentuk beras Raskin (Rakyat Miskin). Fasilitas pemerintah desa dapat mencukupi dari apa yang diperlukan atau dibutukan aparatur desa dalam melayani masyarakat desa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAMIL, AMILnidn0831126104
Thesis advisorILHAM, ZITRIUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemekaran Desa dan Pelayanan Publik.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 363 Lain-lain Masalah dan Pelayanan Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 02 Dec 2019 02:13
Last Modified: 05 Jul 2021 07:55
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item