SRI, ATIAH NINGSIH (2025) KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN PERSETUJUAN BANGUNAN GEDUNG (PBG) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN DOMPU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan publik ialah kegiatan pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan perundang-undangan bagi setiap warga negara atas barang, jasa, dan pelayanan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan hambatan pelayanan pembuatan Persetujuan Bangunan Gedung di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Dompu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Dompu pada bulan februari 2023 - maret 2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kasi Perizinan, Pegawai DPMPTSP Kabupaten Dompu, Masyarakat yang telah mengurus dan yang belum mengurus PBG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan PBG di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Dompu sudah dalam kategori baik, namun belum maksimal karena terdapat hambatan. Dapat dilihat dari 5 indikator kualitas pelayanan yaitu berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati sudah dalam kategori baik, namun belum maksimal disebabkan pada indikator ketanggapan pegawai dalam melaksanakan tugas pelayanan terlihat jutek dan memiliki mood yang berubah rubah. Pelayanan yang diberikan DPMPTSP Kabupaten Dompu sudah berjalan dengan baik meskipun belum terdapat hal yang belum optimal.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan, Persetujuan Bangunan Gedung, Pelayanan Publik | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Sri Atiah Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2025 06:20 | |||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2025 06:20 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |