RAHMA, WATI (2025) PEMEROLEHAN SINTAKSIS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI DESA ORONG KECAMATAN BATULAYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA .pdf Restricted to Repository staff only Download (973kB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CECK RAHMAWATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (914kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemerolehan sintaksis bahasa Sasak pada anak usia 3-4 tahun di Desa Orong, Kecamatan Batulayar. Fokus penelitian adalah mengidentifikasi jenis-jenis kalimat yang digunakan dan memahami struktur sintaksis yang dikuasai anak dalam komunikasi sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan data yang mendalam dan kontekstual. Data dikumpulkan melalui tiga teknik utama: observasi (mengamati secara langsung interaksi anak), wawancara semi terstruktur (menggali informasi tambahan melalui pertanyaan terbuka), dan dokumentasi (merekam data berupa foto, video dan audio). Analisis dilakukan menggunakan teknik agih (mengidentifikasi elemen sintaksis dalam data), teknik pencocokan (membandingkan data dengan teori sintaksis), dan teknik perbandingan data (menganalisis perbedaan atau persamaan antar data). Hal ini memastikan hasil yang valid dan relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak mampu menggunakan tiga jenis kalimat utama, yaitu deklaratif ( berisi sebuah penyampaian pernyataan yang ditujukan kepada lawan tutur yang tidak memerlukan jawaban), imperatif( kalimat yang meminta pendengar atau pembaca untuk melakukan sesuatu), dan interogatif (istilah yang digunakan untuk menggambarkan kalimat yang di pertanyakan) dengan kalimat deklaratif sebagai jenis yang paling sering digunakan. Struktur sintaksis sederhana, seperti subjek-predikat (S-P) dan subjek-predikat-objek (S-P-O), telah dikuasai dengan baik, meskipun struktur yang lebih kompleks, seperti subjek-predikat-objek-keterangan (S-P-O-K), masih menjadi tantangan. Penelitian ini juga menegaskan bahwa lingkungan keluarga memainkan peran penting dalam mendukung perkembangan sintaksis anak. Penelitian ini memberikan manfaat teoritis dengan menambah wawasan tentang pemerolehan sintaksis anak pada bahasa Sasak dan manfaat praktis berupa panduan bagi orang tua dan pendidik dalam mendukung perkembangan bahasa anak. Keseluruhan komponen penelitian saling berkaitan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pemerolehan sintaksis anak usia 3-4 tahun. Kata Kunci: Pemerolehan Sintaksis, Bahasa Sasak, Anak Usia 3-4 Tahun, Penelitian Kualitatif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemerolehan Sintaksis, Bahasa Sasak, Anak Usia 3-4 Tahun, Penelitian Kualitatif. | |||||||||
Subjects: | 400 Bahasa > 410 Linguistik, Bahasa Indonesia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Rahmawati Rahmawati | |||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2025 07:21 | |||||||||
Last Modified: | 03 Oct 2025 00:41 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |