AMINUDDIN, AMINUDDIN (2025) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INTERAKSI SOSIAL BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL TAPA GALA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN INPRES TEKE. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan berlangsung melalui interaksi antara pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu dalam lingkungan yang telah diatur dan diawasi. Lingkungan ini berperan penting agar proses pembelajaran berjalan sesuai arah yang diharapkan. Tujuan utama pendidikan adalah mendukung peserta didik dalam mengembangkan potensi, kemampuan, dan karakter pribadinya secara positif, baik untuk kepentingan pribadi maupun lingkungan sekitarnya. Penelitian ini adalah sebuah penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang melibatkan serangkaian prosedur untuk menciptakan produk tertentu dan menguji seberapa efektif produk tersebut. Produk dalam penelitian ini berupa perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) berbasis interaksi sosial berbantuan permainan tradisional tapa gala terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Inpres Teke. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Berdasarkan hasil analisis data terkait pengujian perangkat pembelajaran yang mengutamakan interaksi sosial dengan bantuan permainan tradisional tapa gala terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Inpres Teke, yang dinilai melalui penilaian oleh validator dan siswa bahwa: RPP pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan data dari tiga validator. Validator RPP menunjukkan persentase validitas sebesar 83,06% (valid). Validator LKPD mendapatkan presentase 84,12% (valid). Validator soal mendapatkan tingkat validitas sebesar 86,66%. Hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa data persentase dari respon siswa dalam uji terbatas di kelas V SDN Inpres Teke mencapai 89,03% untuk kategori sangat praktis. Dengan cara ini, model pembelajaran yang berfokus pada interaksi sosial yang didukung oleh permainan tradisional tapa gala telah dikembangkan secara praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis interaksi sosial berbantuan permainan tradisional tapa gala dilihat dari hasil tes berpikir kritis didapatkan rata-rata nilai siswa N Gain 70,8% pada kategori efektif tinggi.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Permainan Tradisional Tapa Gala, Kemampuan Berpikir Kritis. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Dasar > Thesis | |||||||||
Depositing User: | aminuddin aminuddin | |||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:56 | |||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:56 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |