EVALUASI KENAIKAN PROPORSI KENDARAAN BERAT DI RUAS JALAN TGH. ABDUL KARIM TERHADAP KENDARAAN RINGAN AKIBAT PENUTUPAN RUAS JALAN TGH. LOPAN

ADE, IRMAN SURYANI (2025) EVALUASI KENAIKAN PROPORSI KENDARAAN BERAT DI RUAS JALAN TGH. ABDUL KARIM TERHADAP KENDARAAN RINGAN AKIBAT PENUTUPAN RUAS JALAN TGH. LOPAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Jalan memiliki peranan penting bagi masyarakat, terutama dalam pertumbuhan perekonomian dan perkembangan industri pada suatu daerah. Berdasarkan data BPS NTB tahun 2024 panjang jalan Lombok Barat sebesar 948 km, dimana salah satu jalan yang berada di Lombok Barat yaitu jalan Tgh. Lopan merupakan jalan penghubung antara Kabupaten Lombok Barat dengan Kota Mataram, dapat diartikan sebagai jalan utama memasuki Kabupaten Lombok Barat. Perbaikan jembatan Dasan Cermen pada ruas jalan Tgh. lopan yang dilakukan secara total menyebabkan penutupan sementara jalur tersebut. Hal ini mengakibatkan peningkatan volume kendaraan di jalur alternatif sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pengalihan jalur sementara di lakukan salah satunya adalah pengalihan ke ruas jalan Tgh. Abdul Karim untuk kendaraan berat dan kendaraan ringan akibat penutupan ruasn jalan Tgh. Lopan. Pada rekayasa jalan untuk arus pengalihan dilakukan beberapa penyekatan menuju Labuapi-Dasan Cermen tepatnya Jalan Tgh. Lopan. Dengan pengalihan arus tersebut, beberapa ruas jalan sebagai alternatif mengalami penumpukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena menyelidiki, menjelaskan, dan mengevaluasi dengan pendekatan kuantitatif Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari data survei langsung di lapangan, pengambilan data LHR dilakukan selama 5 hari pengamatan yaitu survei ke 1 tanggal 24-28 Desember 2024 di jalan Tgh. Abdul Karim (sebelum dibukanya jalan Tgh. Lopan), survei ke 2 tanggal 5-9 Februari 2025 di jalan Tgh. Lopan, dan survei ke 3 tanggal 17-21 Februari 2025 di jalan Tgh. Abdul Karim (sesudah dibukanya jalan Tgh.Lopan). Lokasi penelitian ini terletak di jalan Tgh. Abdul Karim akibat penutupan Ruas Jalan Tgh. Lopan Desa/Kelurahan Rumak, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat-NTB. Survei yang dilakukan untuk mendapatkan data volume lalu lintas. Survei data lalu lintas jalan dilakukan mulai pukul 06:00 - 18:00 WITA. Dengan interval waktu selama 15 menit. Berdasarkan hasil analisi dan evaluasi serta perhitungan yang dilakukan pada kenaikan proporsi kendaraan berat di ruas jalan Tgh. Abdul Karim terhadap kendaraan ringan akibat penutupan ruas jalan Tgh. Lopan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pembukaan ruas Jalan Tgh. Lopan berdampak terhadap perubahan komposisi kendaraan yang melintas. Terjadi peningkatan proporsi kendaraan ringan dari 80,93% menjadi 94,28%, serta peningkatan kendaraan berat dari 52.32% menjadi 55.91%. Hal ini mengindikasikan bahwa ruas jalan baru lebih optimal untuk kendaraan ringan dari segi aksesibilitas dan kenyamanan. Sementara itu, berkurangnya kendaraan berat mengurangi beban jalan dan berpotensi memperpanjang umur layanan infrastruktur tersebut.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Uncontrolled Keywords: Proporsi Kendaraan, Tgh. Abdul Karim, Tgh. Lopan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ade Irma Suryani
Date Deposited: 22 Sep 2025 07:53
Last Modified: 22 Sep 2025 07:53
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13640

Actions (login required)

View Item View Item