PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA PERMAINAN MAEN BAWI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

JIHAN, FAHIRAH (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA PERMAINAN MAEN BAWI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan proses pengembangan Problem Based Learning berbasis etnomatematika pemainan maen bawi, pada materi KPK dan FPB di kelas V SDN 38 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah sekolah dasar. Instrument penelitian terdiri dari lembar validasi, angket motivasi belajar, dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi Modul ajar yang dikembangkan memperoleh data dari empat validator, yaitu validator modul dengan persentase validasi sebesar 85,215%, validator media dengan persentase validasi sebesar 84,55% (valid), validator LKS dengan persentase validasi sebesar 87,31% (valid), serta validator soal dengan persentase validasi sebesar 84,2% (valid). Kepraktisan Data persentase dari angket respon siswa pada uji terbatas menunjukkan hasil sebesar 89,034% dalam kategori sangat praktis. Keefektifan angket motivasi pembelajaran yang dilakukan oleh siswa menghasilkan nilai rata-rata N-Gain. skor 0,6 dengan kategori cukup efektif, dan mengerjakan soal tes, diperoleh data dari uji lapangan dengan persentase rata-rata nilai N Gain siswa mencapai 93,42% pada kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorKHAIRIL, ANWARnidn0506108402
Uncontrolled Keywords: Modul, Problem based learning, Etnomatematika, Motivasi dan Kemampuan berpikir kritis
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Dasar > Thesis
Depositing User: Jihan Fahirah
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:38
Last Modified: 23 Sep 2025 06:38
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13637

Actions (login required)

View Item View Item