INTERNALISASI NILAI GOTONG ROYONG TERHADAP PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SAPE KABUPATEN BIMA

YENI, PUSPITA (2025) INTERNALISASI NILAI GOTONG ROYONG TERHADAP PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SAPE KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA BARU YENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

SMP Negeri 2 Sape merupakan salah satu sekolah yang berada di Desa Sari kecamata Sape Kabupaten Bima yang menerapkan nilai-nilai karakter gotong royong di lingkungan sekolah. Karakter gotong royong ini tentu sangat dibutuhkan oleh peserta didik, mengingat saat ini anak-anak hidup di lingkungan arus globalisasi yang bisa mengancam rasa kepedulian terhadap sesama. Terlebih, negara kita adalah negara yang memiliki Pancasila yang menjunjung tinggi semangat gotong royong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai profil pelajar Pancasila dan untuk mengetahui hambatan penerapan profil pelajar Pancasila pada siswa kelas VII di SMPN 2 Sape Kabupaten Bima. Penelitian ini dirancang mengunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, deskriptif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Lokasi penelitian ini akan dilakukan di SMPN 2 Sape yang berada di Desa Sari Kecamata Sape Kabupaten Bima. Jln. Lintas Sape Bima, Kode pos (84182). Metode pengumpulan data yang telah digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan nilai gotong royong dalam profil Pancasila ialah membantu teman yang membutuhkan. Bekerjasama dalam memecahkan masalah,menjalin persahabatan dengan teman dan bekerjasama dan bermusyawarah dalam kelompok. Upaya menerapkan dan menyadari pentingnya nilai nilai gotong royong di sekolah Namun, sedikt kesulitan dalam mengkomunikasikan serta menerapkannya kepada siswa begitujuga respon siswa yang sudah memahami betap penting nya nilai gotong royong hal ini ditunjukkaan mengenai Kerjasama dalam kelompok yang cukup baik walaupun perlu dibenahi lagi agar benar. Tapi ada juga terdapat variasi dalam sikap terhadap persahabatan, dengan beberapa responden mengalami kesulitan menjalin hubungan dengan teman yang memiliki minat dan latar belakang berbeda.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Gotong Royong, Pelajar Pancasila
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Yeni Puspita
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:52
Last Modified: 19 Sep 2025 07:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13593

Actions (login required)

View Item View Item