DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

HIKMAH, HAKIKI (2025) DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola penggunaan gadget dan dampak penggunaan Gadget terhadap interaksi sosial pada mahasiswa PGMI Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskritif. Subjek penelitian ini diperoleh dari beberapa mahasiswa program studi PGMI. Berdasarkan temuan hasil penelitian di dapati bahwasannya terdapat pola penggunaan yaitu untuk tujuan akademik dan penggunaan untuk tujuan non akademik, Pada ranah akademik gadget dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengakses informasi perkuliahan secara cepat dan akurat, Sementara itu, pada ranah nonakademik gadget digunakan untuk aktivitas hiburan seperti menonton video, bermain game, mengakses media sosial, berbelanja daring, dan komunikasi personal yang tidak terkait langsung dengan kegiatan perkuliahan dan ada dua dampak dalam penggunaan gadget yaitu dampak positif dan dampak negatif, dari sisi positif gadget memberikan kemudahan komunikasi tanpa batas ruang dan waktu, memungkinkan akses informasi yang cepat dan luas, meningkatkan keterampilan literasi digital, serta memperluas jejaring sosial dan profesional mahasiswa, baik di lingkungan akademik maupun di luar kampus. Namun, dari sisi negatif, penggunaan gadget secara berlebihan berpotensi menurunkan kualitas interaksi sosial langsung antar mahasiswa, mengurangi kedekatan emosional, menimbulkan kecanggungan dalam pertemuan tatap muka, serta mengalihkan fokus dari aktivitas akademik ke aktivitas hiburan yang kurang produktif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMAPPANYOMPA, MAPPANYOMPAnidn0819098301
Thesis advisorMUHAMMAD, MUSFIATUL WARDInidn0817038302
Uncontrolled Keywords: Gadget, Penggunaan Gadget, Interaksi Sosial
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Hikmah Hakiki
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:46
Last Modified: 19 Sep 2025 02:46
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13575

Actions (login required)

View Item View Item