PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

WIRZANI, ILYATUN NISA (2025) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SILAMITRY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pembelajaran membaca di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Mataram pada tahun ajaran 2024/2025, serta untuk mendeskripsikan kesulitan pembelajaran qiro’ah pada program studi pendidikan bahasa arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan membaca dilaksanakan secara tatap muka melalui tiga tahap, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Metode yang dominan digunakan adalah metode membaca dan menerjemahkan dengan penekanan pada analisis nahwu dan sharaf, sementara media pembelajaran yang digunakan masih bersifat tradisional. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui tanya jawab, diskusi, dan terjemahan lisan. Adapun kesulitan pembelajran qiro’ah meliputi aspek linguistik (kosakata, nahwu, sharaf), aspek fonologis (pelafalan huruf), aspek semantik (pemahaman makna), aspek sintaksis (struktur kalimat kompleks), aspek psikologis (kurangnya rasa percaya diri), serta aspek pedagogis (metode monoton dan keterbatasan media). Penyebab kesulitan tersebut terbagi menjadi faktor internal, seperti latar belakang pendidikan, motivasi, dan kebiasaan membaca; serta faktor eksternal, seperti keterbatasan media, metode yang masih tradisional, dan lemahnya sarana pendidikan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Thesis advisorAHMAD, HELWANI SYAFI'Inidn0814067001
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kemahiran Membaca, Kesulitan Membaca
Subjects: 200 Agama > 2X0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Wirzani Ilyatun Nisa
Date Deposited: 17 Sep 2025 07:10
Last Modified: 17 Sep 2025 07:10
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13519

Actions (login required)

View Item View Item