IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANTAR UMAT BERAGAMA DI KALANGAN SISWA SMP NEGERI 2 PRAYA TIMUR

MOHAMAD, JAYADI (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANTAR UMAT BERAGAMA DI KALANGAN SISWA SMP NEGERI 2 PRAYA TIMUR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter siswa dalam kehidupan antar umat beragama di SMPN 2 Praya Timur, mengidentifikasi bentuk implementasi nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah, serta mendeskripsikan pengaruh aktivitas pembelajaran dan kegiatan sekolah terhadap sikap inklusif siswa di tengah keberagaman agama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru pendidikan Pancasila, siswa, dan pembina kegiatan sekolah, serta dokumentasi berbagai kegiatan sekolah yang relevan. Data sekunder diperoleh dari dokumen kebijakan sekolah, literatur akademik, dan hasil penelitian terdahulu. Analisis data dilakukan secara deskriptif-analitik menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi, dengan validasi melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik, member checking, dan audit trail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan Pancasila di SMPN 2 Praya Timur dilakukan melalui integrasi nilai-nilai Pancasila ke dalam pembelajaran intrakurikuler (PPKn), kegiatan ekstrakurikuler seperti tadarus Al-Qur’an, tari nusantara, pramuka, dan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), keteladanan guru, serta budaya sekolah yang inklusif. Praktik tersebut mampu menumbuhkan sikap toleransi, saling menghargai, kerjasama lintas agama, dan penyelesaian konflik secara damai di kalangan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Pancasila yang diimplementasikan secara konsisten dalam berbagai aspek kehidupan sekolah berkontribusi signifikan dalam membentuk karakter toleran antar umat beragama pada peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pancasila, karakter, umat beragama, sekolah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhamad Jayadi
Date Deposited: 17 Sep 2025 05:53
Last Modified: 17 Sep 2025 05:53
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13513

Actions (login required)

View Item View Item