Siti, Masni Tangle (2025) PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMANFAATKAN FITUR REELS SEBAGAI SARANA PROMOSI PERPUSTAKAAN DI ERA REVOLUSI 4.0 STUDI UPT. PERPUSTAKAAN UIN MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
Cover-Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Similarity Check.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Di era Revolusi Industri 4.0, teknologi digital menjadi kebutuhan penting dalam pengelolaan dan promosi perpustakaan. Pemanfaatan media sosial Instagram, khususnya fitur Reels, yang digunakan sebagai sarana promosi perpustakaan UIN Mataram secara efektif dalam meningkatkan literasi pemustaka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan purposive sampling terdiri dari satu pengelola perpustakaan, satu pengelola media, dan sepuluh mahasiswa aktif pengguna layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram Reels berhasil menarik perhatian mahasiswa karena kontennya yang visual, interaktif, dan ringkas. Efektivitas Reels tercermin dari indikator jangkauan yang luas, kualitas penyajian informasi yang menarik, kuantitas unggahan yang konsisten, serta ketepatan timing publikasi yang sesuai dengan momen pengguna aktif. Konten berupa informasi layanan, dokumentasi kegiatan, dan tips literasi relevan dengan kebutuhan mahasiswa, sehingga mampu membangun engagement dan meningkatkan partisipasi pengguna dalam kegiatan literasi. Strategi promosi dilakukan melalui kewajiban mahasiswa baru untuk mengikuti akun resmi perpustakaan, penyusunan konten berbasis kebutuhan informasi seperti tutorial layanan, serta interaksi aktif melalui komentar dan pesan langsung, yang terbukti memperkuat hubungan dua arah dan citra perpustakaan. Namun demikian, keterbatasan kreativitas, keterampilan teknis, dan sumber daya manusia masih menjadi kendala, sehingga diperlukan peningkatan kapasitas pengelola untuk mendukung inovasi konten. Dengan demikian, Instagram Reels dapat dinyatakan sebagai media promosi yang efektif sekaligus sarana edukasi literasi di UPT Perpustakaan UIN Mataram
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Reels, Promosi Perpustakaan, Literasi Digital, Media Sosial | |||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan & Informasi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Perpustakaan dan Sains Informasi > Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Siti Masni Tangle | |||||||||
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:07 | |||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:07 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |