FAHRI, MUHAMMAD (2025) PERAN SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN PERUNDUNGAN SISWA DI SLBN 1 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHEK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perundungan di lingkungan sekolah merupakan permasalahan serius yang dapat mengganggu perkembangan psikososial peserta didik, terutama bagi siswa berkebutuhan khusus yang memiliki kerentanan lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran sekolah dalam pencegahan perundungan terhadap siswa di SLB Negeri 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teori implementasi kebijakan George C. Edward III digunakan sebagai kerangka analisis, yang meliputi aspek komunikasi, sumber daya, disposisi pelaksana, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SLB Negeri 1 Mataram telah mengaktualisasikan perannya secara holistik dalam mencegah perundungan melalui pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK), integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran, pelibatan aktif guru dan orang tua, serta penerapan sistem pengawasan dan pelaporan yang adaptif terhadap kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Strategi yang diterapkan bersifat promotif, preventif, dan kuratif, serta berorientasi pada keadilan restoratif. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peran kelembagaan sekolah sebagai agen perlindungan anak dan penguatan budaya positif dalam ekosistem pendidikan inklusif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan yang responsif terhadap isu kekerasan di satuan pendidikan khusus.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perundungan, SLB, peran sekolah, pendidikan inklusif, pencegahan kekerasan, TPPK | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Fahri Muhammad | |||||||||
Date Deposited: | 16 Sep 2025 03:36 | |||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2025 03:36 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |