PERAN GURU PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (IT) SEBAGAI PENGUATAN SYSTEM PEMBELAJARAN PANCASILA DI SMAS MUHAMMADIYAH POHGADING

RITA, TARSULU (2025) PERAN GURU PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (IT) SEBAGAI PENGUATAN SYSTEM PEMBELAJARAN PANCASILA DI SMAS MUHAMMADIYAH POHGADING. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam penerapan model pembelajaran berbasis teknologi informasi serta menganalisis kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi (IT) di SMAS Muhammadiyah Pohgading. perkembangan telah mendorong dunia pendidikan untuk bertransformasi, termasuk dalam hal strategi pembelajaran. guru sebagai fasilitator memiliki peran sentral dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses belajar mengajar guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. subyek penelitian ini terdiri dari guru, siswa serta wakil kepala sekolah SMAS Muhammadiyah Pohgading. analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMAS Muhammadiyah Pohgading, dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam penerapan model pembelajaran teknologi informasi (IT) memiliki dampak signifikan terhadap keaktifan dan konsentrasi siswa. penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran sangat penting, tidak hanya siswa, gurupun dapat merasakan dampaknya. pembelajaran yang lebih menyenangkan dan tidak monoton, mampu meningkatkan konsentrasi siswa. kurangnya kompetensi digital beberapa guru di SMAS Muhammadiyah Pohgading menjadi salah satu hambatan utama dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi. keterbatasan ini sebabkan oleh minimnya pelatihan, kurangnya pendampingan serta latar belakang beberapa guru yang belum terbiasa dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKAMALUDDIN, KAMALUDDINnidn0031125624
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembelajaran Berbasis IT, Sistem Pembelajaran, SMAS Muhammadiyah Pohgading.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rita Tarsulu
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:21
Last Modified: 17 Sep 2025 03:21
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13487

Actions (login required)

View Item View Item