DAMPAK PENERAPAN NILAI SOLIDARITAS DAN TOLERANSI DALAM KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMA N 3 WERA

TEDI, HARYADI (2025) DAMPAK PENERAPAN NILAI SOLIDARITAS DAN TOLERANSI DALAM KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMA N 3 WERA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SIMALARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan nilai solidaritas dan toleransi dalam kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMAN 3 Wera terhadap pembentukan karakter siswa serta mengevaluasi efektivitasnya dalam menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan harmonis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi, dengan fokus pada interaksi siswa dalam kegiatan OSIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai solidaritas yang diterapkan melalui kegiatan OSIS mendorong terbentuknya karakter siswa yang bertanggung jawab, peduli terhadap sesama, dan memiliki semangat kerja sama. Kegiatan seperti bakti sosial, kerja tim, dan program kepedulian sosial menjadi sarana konkret dalam menanamkan nilai tersebut. Sementara itu, nilai toleransi tercermin dari sikap saling menghargai perbedaan, keterbukaan dalam diskusi, serta penyelesaian konflik secara musyawarah, yang memperkuat suasana demokratis dan inklusif di lingkungan sekolah. Penerapan nilai solidaritas dan toleransi secara konsisten meningkatkan partisipasi siswa, mempererat hubungan sosial, dan menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis. OSIS di SMAN 3 Wera terbukti menjadi media strategis dalam membentuk karakter siswa yang berintegritas, memiliki empati sosial tinggi, dan mampu beradaptasi dengan perbedaan. Dengan demikian, kegiatan OSIS tidak hanya berperan sebagai organisasi pelajar, tetapi juga sebagai instrumen pembentukan karakter dan budaya sekolah yang positif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorZEDI, MUTTAQIENnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Nilai Solidaritas, Nilai Toleransi, OSIS.
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
300 Ilmu Sosial > 307 Komunitas
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Tedi Haryadi
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:01
Last Modified: 22 Sep 2025 02:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13476

Actions (login required)

View Item View Item