YULIANA, YULIANA (2025) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai pengelolaan pengajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Atas Islam Negeri 2 Mataram dalam kerangka Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2024/2025. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah strategis yang dilaksanakan dalam pengelolaan pembelajaran Bahasa Arab, serta untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor pendukung dan penghambat terhadap efektivitas pelaksanaan manajemen pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran Bahasa Arab di MAN 2 Mataram telah dilaksanakan secara sistematis, kolaboratif, dan adaptif. Perencanaan pembelajaran disusun berdasarkan capaian pembelajaran serta kebutuhan peserta didik, dengan melibatkan kolaborasi antar guru. Pengorganisasian dilaksanakan melalui pembagian tugas yang jelas serta koordinasi internal yang efektif. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual, seperti Project-Based Learning (PjBL) dan Problem-Based Learning (PBL), serta diintegrasikan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan melalui asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif untuk mengukur kemajuan belajar peserta didik. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran mencakup dukungan kepala madrasah, ketersediaan sumber daya, serta motivasi guru. Sementara itu, hambatan yang dihadapi antara lain adalah perbedaan kemampuan dasar peserta didik serta keterbatasan waktu pembelajaran yang tersedia. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi akademik dan praktis dalam rangka meningkatkan efektivitas manajemen pembelajaran Bahasa Arab, khususnya pada satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka di lingkungan madrasah dan sekolah Islam.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Bahasa Arab, Kurikulum Merdeka, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Yuliana Yuliana | |||||||||
Date Deposited: | 16 Sep 2025 00:57 | |||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2025 00:57 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |