PENGGUNAAN KITAB AL-ARABIYAH LINNASIYIN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 10 DI SMA IT PUTRI ABU HURAIRAH MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025

NURA, HALID (2025) PENGGUNAAN KITAB AL-ARABIYAH LINNASIYIN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 10 DI SMA IT PUTRI ABU HURAIRAH MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SILAMITRY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan kitab Al-‘Arabiyyah Linnāsyīn dalam pembelajaran Bahasa Arab, serta mengkaji strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengimplementasikan kitab tersebut pada siswa kelas 10 di SMA IT Putri Abu Hurairah Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sumber data terdiri atas guru Bahasa Arab, siswa kelas 10, dan dokumen perangkat ajar. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji keabsahannya dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Al-‘Arabiyyah Linnāsyīn digunakan secara sistematis dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan empat keterampilan berbahasa: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Kegiatan pembelajaran dirancang secara kontekstual dan komunikatif, mengikuti tema-tema yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru meliputi metode direct method, muhādatsah, serta pendekatan komunikatif yang dipadukan dengan media ajar sederhana dan tugas-tugas berbasis aktivitas kontekstual. Guru juga berperan aktif sebagai fasilitator dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehingga mendorong antusiasme dan partisipasi aktif siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kitab Al-‘Arabiyyah Linnāsyīn mendukung proses pembelajaran Bahasa Arab yang efektif dan bermakna, terutama jika didukung oleh strategi pembelajaran yang tepat dan disesuaikan dengan karakter serta kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAHMAD, HELWANI SYAFI'Inidn0814067001
Thesis advisorNURJANAH, NURJANAHnidn0803128502
Uncontrolled Keywords: Al-‘Arabiyyah Linnāsyīn, Pembelajaran Bahasa Arab, Strategi Guru
Subjects: 200 Agama > 2X0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nura Halid
Date Deposited: 15 Sep 2025 06:52
Last Modified: 15 Sep 2025 06:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13448

Actions (login required)

View Item View Item