PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 2 KURANJI

NANANG, LESTARI (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 2 KURANJI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover sampai bab III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V sampai lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) pada materi bangun datar menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV yang valid, (2) untuk melihat bagaimana hasil belajar peserta didik setelah menggunakan lembar kerja siswa dengan model pembelajaran problem based learning kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yaitu (1) 1. Analysis (analisis), (2) Design (desain/perancangan), (3) Development (Pengembangan Produk, (4) Implementation (impelemementasi), (5) Evaluation (evaluasi). Untuk tahap uji terbatas dilaksanakan di kelas V dan tahap uji coba lapangan dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Kuranji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan LKS ini mendapat nilai rata-rata hasil validasi materi 82,6% (valid), ahli media 78,3% (valid), ahli bahasa 85% (valid). Untuk angket respon peserta didik uji terbatas mendapat nilai rata-rata 73,20% (Praktis) dan angket respon peserta didik uji lapangan mendapat nilai rat-rata 82,05% (Praktis). Pada tahap uji coba terbatas rata-rata hasil belajar peserta didik 0,47% (Sedang), dan rata-rata uji coba lapangan hasil belajar peserta didik 0,71% (Tinggi). Dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar layak digunakan dalam pembelajaran Sekolah Dasar pada materi bangun datar. Kata Kunci: Lembar Kerja Siwa, Problem Based Learrning, Bangun Datar

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerABDILLAH, ABDILLAHNIDN0824048301
ReviewerYUNI, MARIYATINIDN0806068802
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siwa, Problem Based Learrning, Bangun Datar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:55
Last Modified: 21 Sep 2020 03:55
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item View Item