EFEKTIVITAS MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

FITRA, MAWATI (2025) EFEKTIVITAS MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Value Clarification Technique Terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Tanjung Luar. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN 1 Tanjung Luar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampel sebanayak 44 siswa dengan jumlah sampel kelas eksperimen 22 siswa dan sampel kelas kontrol 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa hasil uji-t yang dilakukan nilai p= 0,002 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05 dengan df 42. Dengan (HO) Yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata antara kedua kelompok di tolak. Dan hipotesis (Ha) diterima. Hal ini menujukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikansi secara statistik antara kedua kelompok.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Thesis advisorAHMAD, AFANDInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Model Value Clarificatin Technique, Modul Ajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Fitra Mawati
Date Deposited: 12 Sep 2025 08:05
Last Modified: 12 Sep 2025 08:05
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13376

Actions (login required)

View Item View Item