PEMANFAATAN YOUTUBE DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MI. AL-MADANIYAH MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025

HIDAYAT, HIDAYAT (2025) PEMANFAATAN YOUTUBE DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MI. AL-MADANIYAH MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover-daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMLARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di tingkat sekolah dasar sering kali menghadapi tantangan rendahnya motivasi dan keterlibatan siswa, khususnya dalam penguasaan mufradat. Untuk menjawab tantangan tersebut, penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui langkah-langkah pemanfaatan media YouTube dalam meningkatkan penguasaan kosakata (mufradat) Bahasa Arab pada siswa MI Al Madaniyah tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media YouTube dilaksanakan melalui tiga tahapan utama. Pertama, tahap perencanaan, guru memilih dan menyeleksi video edukatif dari kanal seperti Sarah Playschool dan Yufid Kids, kemudian mengintegrasikannya secara formal ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan modul ajar. Pada tahap ini guru juga mengantisipasi kendala teknis, seperti koneksi internet, dengan mengunduh video terlebih dahulu agar dapat digunakan secara offline. Perencanaan yang matang menjadikan media YouTube bukan sekadar tambahan, tetapi bagian inti dari strategi pembelajaran. Kedua, tahap pelaksanaan, pembelajaran dilakukan secara interaktif dengan pemutaran video berisi lagu, animasi, dan dialog sederhana yang membantu siswa memahami kosakata melalui penguatan visual dan auditori. Guru tidak hanya memutar video, tetapi juga menghentikan pada bagian tertentu untuk memberi penjelasan tambahan atau pengulangan, sehingga proses belajar lebih terarah dan bermakna. Ketiga, tahap tindak lanjut, guru melaksanakan penguatan melalui pengulangan pelafalan, pembuatan kartu kosakata bergambar, serta mendorong pembelajaran mandiri dengan menonton ulang video di rumah. Temuan ini memperkuat teori pembelajaran multimedia dan pendekatan konstruktivistik, serta menunjukkan bahwa integrasi media digital seperti YouTube dapat menjadi strategi efektif dalam pembelajaran Bahasa Arab yang kontekstual dan sistematis.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNURJANNAH, NURJANNAHnidn0803128502
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Uncontrolled Keywords: YouTube, Media Digital, Bahasa Arab, Mufradat, MI Al Madaniyah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Hidayat Hidayat
Date Deposited: 12 Sep 2025 08:14
Last Modified: 12 Sep 2025 08:14
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13374

Actions (login required)

View Item View Item