DAMPAK PERUBAHAN KURIKULUM DAN HUBUNGANNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MA TAHZIBUL AKHLAQ SISIK PRINGGARATA LOMBOK TENGAH

ENJELLIKA, WIDIANTI (2025) DAMPAK PERUBAHAN KURIKULUM DAN HUBUNGANNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MA TAHZIBUL AKHLAQ SISIK PRINGGARATA LOMBOK TENGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan kurikulum di Indonesia merupakan respons terhadap tuntutan zaman dan kebutuhan pendidikan abad 21 yang terus berkembang. Salah satu perubahan signifikan terjadi dalam transisi dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembelajaran berbasis kompetensi, diferensiasi, dan penguatan karakter. Namun, perubahan ini tidak selalu diterima secara seragam oleh semua pihak, terutama oleh siswa. Perubahan sistem, metode pembelajaran, hingga penilaian menimbulkan berbagai dampak terhadap psikologis dan semangat belajar siswa. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sejauh mana perubahan kurikulum ini memengaruhi motivasi belajar siswa tingkat SMA, yang berada pada fase penting dalam persiapan menuju jenjang pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 35 siswa di kelas XII yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perubahan kurikulum, sementara variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara kedua variabel tersebut. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan terlebih dahulu untuk memastikan keakuratan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perubahan kurikulum terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 dan koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa perubahan kurikulum memberikan kontribusi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, meskipun dalam skala yang sedang. Siswa merasa lebih tertarik dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran karena pendekatan yang lebih fleksibel dan relevan dengan minat serta kebutuhan mereka. Penelitian ini merekomendasikan agar sekolah dan guru terus melakukan adaptasi dan pendampingan kepada siswa dalam proses transisi kurikulum agar dampak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCHANDRA, CHANDRAnidn0810058503
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Kurikulum , Motivasi, SMA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Depositing User: Angelliaka Widianti
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:19
Last Modified: 15 Sep 2025 03:19
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13367

Actions (login required)

View Item View Item