SUCI SYAFTI, SAGITA (2025) INOVASI PELAYANAN PUBLIK E-KTP KELILING DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUMBAWA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Inovasi pelayanan publik menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan layanan pemerintahan, terutama dalam bidang administrasi kependudukan. Penelitian ini mengkaji inovasi pelayanan E-KTP Keliling melalui program Jago Desa yang diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa sebagai upaya menjawab tantangan geografis serta rendahnya akses masyarakat terhadap dokumen kependudukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas, keberlanjutan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Jago Desa efektif dalam menjangkau masyarakat secara langsung melalui sistem jemput bola (stelsel aktif) dengan dukungan dua tim pelayanan. Hal ini terbukti dari peningkatan cakupan perekaman E-KTP, validitas data penduduk yang lebih baik, serta meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.Keunikan program ini terletak pada penamaan berbasis budaya lokal dan layanan cetak langsung di tempat, yang belum pernah diterapkan sebelumnya. Program ini memberikan dampak positif bagi peningkatan cakupan perekaman E-KTP, validitas data penduduk, serta kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Replikasi adalah potensi program "Jango Desa" untuk disalin atau diterapkan di daerah lain. Potensi ini tinggi karena program tersebut telah membuktikan keefektifannya dan mendapatkan permintaan berulang dari desa-desa lain, serta selaras dengan kebijakan nasional tentang inovasi pelayanan publik. secara keseluruhan Jago Desa menjadi inovasi yang efektif dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Pelayanan Publik, E-KTP Keliling, Jango Desa, Administrasi Kependudukan, Jemput Pola | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Suci Syafti Sagita | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 07:44 | |||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2025 07:44 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |