DILA, ROFITA (2025) ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI BERBASIS APLIKASI DUOLINGO UNTUK MENGAJARKAN VOCABULARY PADA SISWA KELAS V SDN 3 TERONG TAWAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Duolingo merupakan salah satu aplikasi edukasi, tapi cara penggunaannya, layaknya bermain game sehingga siswa juga dapat menggunakannya secara santai tanpa tekanan, dan dalam penggunaannya pula sangat mudah diterima dan diserap karena fleksibilitasnya. Aplikasi ini digunakan untuk membantu dan mengembangkan kemampuan berbahasa, oleh karena itu, penelitian ini melibatkan siswa dan guru dalam menggunaan Teknologi Berbasis Aplikasi Duolingo Untuk Mengajarkan Vocabulary Pada Siswa Kelas 5 SD, dengan jumlah 25 siswa, diantaranya 9 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena tentang pengalaman subjek penelitian, seperti perilaku, persepsi, motivasi, dan Tindakan holistik, melalui penggunaan Bahasa deskriptif dalam konteks alam tertentu dan dalam berbagai konteks ilmiah. Adapun, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh aplikasi duolingo untuk meningkatkan vocabulary pada siswa kelas 5 SD. Hasil data penelitian ini diperoleh dari metode observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi secara menyeluruh untuk mendapatkan serta menggambarkan bagaimana proses pembelajaran dan tanggapan siswa terhadap penggunaan aplikasi duolingo. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa integritas siswa dalam penggunaan teknologi berbasis aplikasi duolingo dalam meningkatkan vocabulary mereka mampu menghasilkan suasana belajar menjadi lebih menarik serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Karena dengan menggunakan aplikasi doulingo untuk meningkatkan vocabulary, siswa merasa bersemangat dengan adanya berbagai fitur menarik dan suasana belajar yang berbeda yaitu belajar sambil bermain.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Duolingo; Vocabulary; Bahasa Inggris. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Dila Rofita | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 07:04 | |||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2025 07:04 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |