YASIR, ASRI (2025) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGAAN KELAS XI DI MA NURUL JANNAH AMPENAN 2024-2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan lembaga yang bertujuan untuk mewariskan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian dari generasi tua kepada generasi muda, dengan tujuan memperbaiki kualitas kehidupan dan meningkatkan kehidupan sosial. Pendidikan berperan penting dalam perkembangan individu dan masyarakat dengan mengoptimalkan potensi dan bakat peserta didik. Perkembangan zaman menuntut pendidikan untuk tidak hanya menguasai materi, tetapi juga memahami tujuan dan maksud dari materi yang disampaikan, serta melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui implementasi Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning Tipe Game Bsead Learning) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI di MA Nurul Jannah Ampenan. 2) Apa saja faktor pendkung dan penghambat dalam penerapan Strtategi Active Learning Tipe Game Based Learning pada mata pelajaran PKn Kelas XI di MA Nurul Jannah Ampenan. Jenis penelitian ini adalah (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Nurul Jannah Ampenan mata pelajaran PKn. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumen. Análisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif secara signifikan meningkatkan efektivitas pendidikan. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran aktif menunjukkan peningkatan yang signifikan dalampemahaman konsep dan motivasi belajar. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Strategi Pembelajaran, Active Learning Kelas XI PPKn. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Yasir Asri | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 08:08 | |||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2025 08:08 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |