PENGARUH EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP CRITICAL THINKING SKILL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PUJUT PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

BAIQ, IRNAWATI (2025) PENGARUH EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP CRITICAL THINKING SKILL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PUJUT PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model Experiential Learning pada critical thinking siswa di tingkat SMA dalam pelajaran Geografi. Pada dasarnya penelitian ini terletak pada urgentnya pengembangan critical thinking yang lebih tinggi pada peserta didik, yang selama ini belum optimal akibat metode pembelajaran tradisional. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttestl, melibatkan satu kelas. Lokasi penelitian di sekolah SMAN 1 Pujut, Teknik pengumpulan data dengan obeservasi, dokumentasi, tes evaluasi. Untuk analisis data, digunakan statistik deskriptif (Mean, Standar Deviasi) dan inferensial, termasuk uji-t serta regresi linear sederhana. Temuan penelitian mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa, sebelum dan sesudah dilakukanya perlakuan . Rata-rata skor posttest siswa setelah dilakuakanya perlakuan lebih tinggi (M = 73,426; SD = 7,873) dibandingkan dengan nilai Pretest sebelum dilakukanya perlakuan sebesar (M = 77,191; SD = 9,329). Uji-t menunjukkan nilai signifikan p < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan experiential learning terbukti efektif dalam meningkatkan critical thinking siswa dalam pembelajaran Geografi di tingkat SMA. Siswa mempunyai kemampuan berpikir kristis dengan pengalaman belajar. Selain meningkatkan kemampuan berpikir kristis siswa juga termotivasi untuk belajar. Variasi model pembelajaran sepeti ini akan meningkatkan kualitas pendidikan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSYAFRIL, SYAFRILnidn0813037501
Thesis advisorNURIN, ROCHAYATInidn0810107901
Uncontrolled Keywords: Experiental Learning, Geografi, critical thingking skill
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Baiq Irnawati
Date Deposited: 12 Sep 2025 07:31
Last Modified: 12 Sep 2025 07:31
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13317

Actions (login required)

View Item View Item