PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH INKLUSI MI NW TANAK BEAK NARMADA LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2024/2025

AHMAD, ROSYIDIY (2025) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH INKLUSI MI NW TANAK BEAK NARMADA LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di MI NW Tanak Beak Narmada, Lombok Barat, sebagai sekolah inklusi. Bahasa Arab diajarkan melalui penguasaan unsur tata bunyi (al-aṣwāt), kosakata (al-mufradāt), tata bahasa (qawāʿid), dan keterampilan berbahasa (istimā‘, kalām, qirā’ah, kitābah) yang diintegrasikan dengan metode pembelajaran adaptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, melibatkan guru bahasa Arab, guru pendamping khusus, dan siswa ABK yang terdiri dari tunagrahita ringan, slow learner, autis ringan, ADHD, dan tunarungu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dilakukan dengan strategi seperti pengulangan materi, penggunaan media visual, lagu sederhana, dan pembelajaran individual. Kendala yang dihadapi meliputi belum tersusunnya program pendidikan individual (IEP), keterbatasan media ramah disabilitas, dan minimnya pelatihan guru. Meskipun demikian, guru berupaya menciptakan suasana belajar yang inklusif dan komunikatif, didukung oleh kebijakan pendidikan yang memberikan akses setara bagi semua peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kompetensi guru dan penyediaan sarana pembelajaran khusus untuk optimalisasi pembelajaran bahasa Arab di sekolah inklusi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAHMAD HELWANI, SYAFI'Inidn0814067001
Thesis advisorNURJANAH, NURJANAHnidn0803128502
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab, sekolah inklusi, anak berkebutuhan khusus
Subjects: 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
200 Agama > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
400 Bahasa > 492 Bahasa Lain
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Rosyidiy
Date Deposited: 11 Sep 2025 05:49
Last Modified: 11 Sep 2025 05:49
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13246

Actions (login required)

View Item View Item