ANALISIS PENGARUH KEBERSIHAN PARIWISATA PANTAI LABUHAN HAJI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG

HADIYAN, IMANULLOH (2025) ANALISIS PENGARUH KEBERSIHAN PARIWISATA PANTAI LABUHAN HAJI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebersihan pariwisata Pantai Labuhan Haji terhadap kepuasan pengunjung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan instrumen kuesioner menggunakan skala Likert. Sampel penelitian berjumlah 94 responden yang merupakan pengunjung Pantai Labuhan Haji. Analisis data dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, serta uji t dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kebersihan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y). Hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi Y = 11,527 + 0,529X, yang berarti setiap peningkatan kebersihan akan meningkatkan kepuasan pengunjung sebesar 0,529 poin. Nilai t hitung = 7,646 > t tabel = 1,984 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis penelitian diterima. Uji F juga menunjukkan nilai F hitung = 58,475 > F tabel = 3,94 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang menegaskan bahwa kebersihan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Nilai koefisien determinasi (R² = 0,372) menunjukkan bahwa 37,2% kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh kebersihan, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, semakin baik pengelolaan kebersihan Pantai Labuhan Haji, semakin tinggi pula tingkat kepuasan yang dirasakan pengunjung. Hal ini menegaskan pentingnya perhatian dari pihak pengelola wisata dan masyarakat sekitar dalam menjaga kebersihan pantai untuk meningkatkan kenyamanan, loyalitas, serta minat kunjungan kembali.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLALU, HENDRA MANIZAnidn0828108404
Thesis advisorHANDOYO, WIRASTOMOnidn0813048802
Uncontrolled Keywords: Kebersihan, Pariwisata, Kepuasan Pengunjung, Pantai Labuhan Haji.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Hadiyan Imanulloh
Date Deposited: 11 Sep 2025 05:59
Last Modified: 11 Sep 2025 05:59
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13196

Actions (login required)

View Item View Item