FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI CV JAYA ENTREPRENEUR CELULLER PRAYA

JOHANDI, SAPOAN (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI CV JAYA ENTREPRENEUR CELULLER PRAYA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang diterapkan oleh CV Jaya Enterpreneur Celuller Praya dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Potret kecil dari penelitian ini menggambarkan persaingan ketat dalam industri penjualan handphone, yang mendorong perusahaan untuk memanfaatkan berbagai media promosi demi menarik minat beli. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi yang diterapkan CV Jaya Enterpreneur Celuller Praya memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi kepada pemilik, pegawai, dan konsumen. Teori yang digunakan mencakup konsep promosi dalam bauran pemasaran menurut Kotler & Keller (2016) dan perilaku konsumen. Strategi promosi dibedakan dalam dua kategori utama yaitu media elektronik (seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram) dan media cetak (seperti spanduk, banner, dan brosur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi melalui media sosial lebih cepat menjangkau konsumen muda yang aktif secara digital, sedangkan media cetak efektif menjangkau konsumen lokal yang tidak aktif di media sosial. Hasil dari penelitian ini adalah strategi promosi yang dijalankan oleh CV Jaya Enterpreneur Celuller Praya terbukti efektif dalam memengaruhi keputusan pembelian, dengan pengaruh signifikan dari faktor internal (persepsi, motivasi, pendapatan), faktor eksternal (harga, promosi, lokasi), serta faktor sosial dan budaya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAMIN, SALEHnidn0831128310
Thesis advisorSELVA, SELVAnidn0811118601
Uncontrolled Keywords: Handphone, Promosi, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Jihandi Sapoan
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:17
Last Modified: 10 Sep 2025 06:17
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13158

Actions (login required)

View Item View Item