PENGARUH PENDEKATAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPAS SISWA KELAS IV SDN 1 LABUAPI

ADEFIA, LILA PRATIWI (2025) PENGARUH PENDEKATAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPAS SISWA KELAS IV SDN 1 LABUAPI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Self Directed Learning (SDL) terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 1 Labuapi. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya nilai rata-rata IPAS siswa yang disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran konvensional dan rendahnya keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Pendekatan SDL mendorong siswa untuk lebih mandiri, inisiatif, dan bertanggung jawab dalam mengelola pembelajaran mereka. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan SDL dan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional, masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar (pretest dan posttest). Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hal ini ditunjukkan melalui hasil uji Paired Samples Test pada kelas eksperimen yang menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Selanjutnya, hasil uji Independent Samples Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen adalah 82,67, sedangkan pada kelas kontrol hanya 71,33. Dengan demikian, pendekatan Self Directed Learning terbukti memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV. Pendekatan ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang menumbuhkan kemandirian dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Self Directed Learning, hasil belajar kognitif, IPAS, siswa sekolah dasar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Adefia Lila Pratiwi
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:35
Last Modified: 10 Sep 2025 05:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13153

Actions (login required)

View Item View Item