STRATEGI KEBIJAKAN KONSEP SMART TOURISM UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN MANCANEGARA DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

REZA, APRIANI (2025) STRATEGI KEBIJAKAN KONSEP SMART TOURISM UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN MANCANEGARA DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi kebijakan konsep Smart Tourism dalam upaya meningkatkan daya tarik wisatawan mancanegara di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Berlandaskan teori kebijakan publik, pembangunan pariwisata, daya tarik wisata, pemasaran pariwisata, dan konsep Smart Tourism, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap pemangku kepentingan di Dinas Pariwisata NTB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun belum ada kebijakan spesifik yang mengatur Smart Tourism secara terpisah, implementasinya diintegrasikan dalam program "Pariwisata NTB Menuju Dunia" yang tertuang dalam visi RPJMD 2025-2029. Strategi utama yang diterapkan adalah pendekatan digitalisasi pariwisata melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya penggunaan smartphone, aplikasi seluler, dan website destinasi. Inisiatif seperti website Desa Wisata Bila Bante dan aplikasi E-Rinjani menjadi contoh konkret layanan digital yang bertujuan mempermudah akses informasi, pemesanan, dan transaksi bagi wisatawan. Dalam hal pemasaran pariwisata, Dinas Pariwisata NTB memanfaatkan promosi melalui event yang terangkum dalam kalender tahunan, serta media sosial branding (Instagram, TikTok, Facebook) dan kerja sama strategis dengan berbagai pihak, termasuk penyedia telekomunikasi. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam penerapan Smart Tourism, meliputi keterbatasan dana, kebutuhan SDM yang kompeten, belum adanya kebijakan yang spesifik, serta ketidakmerataan infrastruktur digital. Rekomendasi dari penelitian ini menekankan pentingnya alokasi dana yang memadai, peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan berkelanjutan, penyusunan kebijakan khusus yang komprehensif, serta pemerataan akses digital untuk mengoptimalkan potensi Smart Tourism dalam menarik lebih banyak wisatawan mancanegara ke NTB.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSITI, ATIKA RAHMInidn0815118302
Thesis advisorASFARONY, HENDRA NAZWINnidn0804079401
Uncontrolled Keywords: Smart Tourism, Daya Tarik Wisata, Wisatawan Mancanegara, Digitalisasi Pariwisata, Kebijakan Publik, NTB.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Sertifikat Akreditasi
Depositing User: Reza Apriani
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:25
Last Modified: 11 Sep 2025 03:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13084

Actions (login required)

View Item View Item