PERAN GURU PPKn DALAM PEMAHAMAN KEBANGSAAN DAN PATRIOTISME PADA SISWA KELAS VII DI SMP IT AL-FAJAR ACADEMY MATARAM

DANDI, KURNIAWAN (2025) PERAN GURU PPKn DALAM PEMAHAMAN KEBANGSAAN DAN PATRIOTISME PADA SISWA KELAS VII DI SMP IT AL-FAJAR ACADEMY MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY SKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Guru berperan membentuk karakter siswa melalui teladan nilai kesetiaan, patriotisme, kerja keras, dan tanggung jawab.Mereka juga memperkuat nasionalisme siswa lewat pembelajaran sejarah, budaya, dan kegiatan ekstrakurikuler bernuansa kebangsaan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru PPKn dalam pemahaman kebangsaan dan untuk mengetahui apa saja hambatan guru PPKn dalam pemahaman kebangsaan dan patriotisme pada siswa kelas VII di SMP IT Al-Fajar Academy Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang digunakan adalah kepala sekolah dan guru PPKn SMP IT Al-Fajar Academy Mataram. Metode analisis data yang di gunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam pemahaman kebangsaan pada siswa kelas VII di SMP IT Al-Fajar Academy Mataram. Guru PPKn menjalankan perannya secara efektif dengan memadukan teori dan praktik pembelajaran yang kreatif, kontekstual, dan komunikatif, menciptakan lingkungan belajar yang mampu membentuk generasi muda yang tidak hanya paham akan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Hambatan guru PPKn dalam pemahaman kebangsaan dan patriotisme pada siswa kelas VII di SMP IT Al-Fajar Academy Mataram. Kurangnya strategi pembelajaran yang lebih inovatif, media pembelajaran yang kurang interaktif dan kontekstual, pengelolaan waktu yang tidak efektif, serta sinergi antara sekolah, keluarga, dan lingkungan social tidak sejalan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn08030558401
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PPKn, Pemahaman Kebangsaan, Patriotisme
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dandi Kurniawan
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:13
Last Modified: 09 Sep 2025 03:13
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13073

Actions (login required)

View Item View Item