PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PPKn DI SMK ASSIMA’DARUL FALAH

RIZKA, HARDIANTI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PPKn DI SMK ASSIMA’DARUL FALAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK Assima’ Darul Falah. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan hasil seluruh butir soal dinyatakan valid serta reliabilitas tinggi (Cronbach’s Alpha = 0,811). Uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen, sehingga layak dianalisis menggunakan teknik parametrik. Hasil uji hipotesis dengan Paired Samples t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara skor sebelum dan sesudah penerapan PjBL (t hitung = -78,939; sig. 000 < 0,05), yang ↓ menegaskan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Analisis regresi linear sederhana memperlihatkan koefisien regresi sebesar 0,480 dengan signifikansi 0,000, nilai R = 0,620, serta R2 = 0,385. Artinya, penerapan PJBL berkontribusi sebesar 38,5% terhadap variasi prestasi belajar siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Temuan ini membuktikan bahwa PjBL efektif meningkatkan hasil belajar, sekaligus mendorong keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kerjasama, dan problem solving. Dengan demikian, PjBL layak dijadikan strategi alternatif dalam pembelajaran PPKn untuk meningkatkan kualitas akademik sekaligus membentuk karakter kebangsaan siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCANDRA, CANDRAnidn0810058503
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Prestasi Belajar, PPKn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rizka Hardianti
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:12
Last Modified: 09 Sep 2025 02:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

View Item View Item