ANI, ANI (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I BAHASA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran inovatif berupa game edukasi berbasis kearifan lokal yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Latar belakang dari pengembangan media ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa di kelas rendah serta kurangnya media pembelajaran yang mampu mengintegrasikan aspek budaya lokal dengan cara penyampaian yang menyenangkan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi langkah-langkah dari model Borg and Gall, yang dibatasi hingga tahap uji coba skala luas. Penelitian ini melibatkan dua tahap pengujian, yaitu uji coba terbatas dengan 8 orang siswa dan uji coba skala luas dengan 29 siswa di SDN 3 Kilo sebagai subjek penelitian. Hasil validasi terhadap media game edukasi yang dikembangkan menunjukkan tingkat kevalidan yang sangat tinggi, dengan perolehan skor dari ahli materi sebesar 75%, ahli media sebesar 95%, dan ahli pembelajaran sebesar 80%, yang menandakan bahwa media ini telah memenuhi standar kelayakan isi, desain, serta penerapannya dalam konteks pembelajaran di kelas awal. Pada tahap uji coba terbatas, siswa memberikan total skor 294 dari maksimal 320, dengan rata-rata 36,75 dari skor maksimal 40, yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sementara itu, pada uji coba skala luas, media memperoleh total skor 2.330 dari maksimal 2.900, dengan rata-rata skor per siswa sebesar 80,34, skor tertinggi 90, dan skor terendah 60, yang menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori baik dalam efektivitas penggunaannya. Secara keseluruhan, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa game edukasi berbasis kearifan lokal tidak hanya dinilai layak oleh para ahli, tetapi juga mampu meningkatkan antusiasme belajar siswa, memperkuat keterampilan membaca permulaan, serta menanamkan nilai-nilai budaya lokal dalam suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Dengan demikian, media ini berpotensi untuk diterapkan secara lebih luas dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, khususnya pada jenjang awal.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Game edukasi, kearifan lokal, membaca permulaan, Bahasa Indonesia, siswa kelas I SD | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Ani Ani | |||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:42 | |||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:42 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |