SELFIRA, DWI APRILIA (2025) ANALISIS PENENTUAN TITIK RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS (BLACK SPOT) MENGGUNAKAN METODE AEK, UCL, DAN EPDO-ACF DI KABUPATEN SUMBAWA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CEK.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan raya yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan atau kerugian harta benda. Peningkatan jumlah penduduk di Kabupaten Sumbawa pada tahun 2024 mencapai 526.008 jiwa (BPS NTB, 2024) berdampak pada meningkatnya volume kendaraan, kepadatan lalu lintas, serta tingginya risiko kecelakaan. Lokasi daerah rawan kecelakaan yang diteliti adalah Ruas Jalan Lintas di Kabupaten Sumbawa yang terdiri dari 12 wilayah dengan 33 segmen jalan pada masing-masing wilayah dengan angka kecelakaan tertinggi. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis karakteristik kecelakaan lalu lintas di Ruas Jalan Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini juga bertujuan mengidentifikasi titik rawan kecelakaan (black spot) dengan menghitung Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK), Upper Control Limit (UCL) dan EPDO Average Crash Frequency (EPDO-ACF). Selain itu, penelitian ini merumuskan strategi penanganan yang efektif terhadap lokasi rawan kecelakaan. Hasil dan Kesimpulan dalam penelitian ini pada tahun 2022 terdapat 13 titik rawan kecelakaan (Black Spot) dengan lokasi yang paling fatal terjadi pada Jalan Jurusan Sumbawa – Moyo Hilir tepatnya di Jalan lurus Desa Moyo, pada tahun 2023 terdapat 12 titik rawan kecelakaan (Black Spot) dengan lokasi yang paling fatal terjadi pada Jalan menikung ringan ke kanan dari arah Sumbawa Dusun Sejari Desa Plampang dan pada tahun 2024 terdapat 8 titik rawan kecelakaan (Black Spot) dengan lokasi paling yang fatal terjadi pada jalan lurus Dusun Sanggarahan, Desa Labuhan Mapin. Strategi penanganannya adalah dengan pemasangan rambu-rambu, marka jalan yang jelas, pemasangan pagar pengaman (guardrail) dan edukasi kepada pengguna jalan mengenai keselamatan berkendara.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Black Spot, Angka Ekuivalen Kecelakaan, Upper Control Limit, Equivalent Property Damage Only, Average Crash Frequency | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 625 Teknik Rel Kereta Api dan Jalan Raya 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Selfira Dwi Aprilia | |||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:46 | |||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2025 07:46 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |