KEMAS, PRIAWANSYAH (2025) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII DI SMPN 21 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHEK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran yang masih dominan menggunakan metode ceramah membuat siswa cepat bosan, kurang aktif, dan sulit memahami materi secara mendalam.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII-A SMPN 21 Mataram pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jenis Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII-A SMPN 21 Mataram. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pemahaman siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pemahaman siswa dari prasiklus hingga siklus III. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata siswa hanya mencapai 56,25 dengan persentase ketuntasan 40,65% (13 siswa tuntas). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan penerapan aplikasi multimedia interaktif, nilai rata-rata meningkat menjadi 72,18 dengan persentase ketuntasan 56,25% (18 siswa tuntas). Pada siklus II nilai rata-rata kembali meningkat menjadi 87,5 dengan persentase ketuntasan 78,13% (25 siswa tuntas). Puncaknya pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 100 dengan persentase ketuntasan mencapai 100% (32 siswa tuntas). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKn.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Multimedia, Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Siswa, PPKn | |||||||||
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Kemas Priawansyah | |||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:48 | |||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2025 07:48 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |